Jumat, 08 Januari 2010

MEMILIH VARIETAS AYAM

Memilih Varietas Ayam

Berbagai ayam adalah suatu ras atau keluarga ayam yang memiliki kesamaan umum dalam ukuran, bentuk atau profil, dan disposisi. Semua ayam dalam satu varietas akan memiliki karakteristik yang sama, yaitu: warna, keragaman adalah dibagi lagi menjadi beberapa kelas. Kelas memiliki banyak ayam yang dibudidayakan pada umumnya diberi nama yang dikaitkan dengan tempat asal, seperti Amerika, Asia, Indonesia, Mediterania, dan sebagainya.

Untuk memulai usaha kecil di sektor peternakan, ada tiga jenis varietas yang bisa dipilih berdasarkan tujuan pemeliharaan, yaitu: ayam petelur, ayam pedaging atau ayam potong, dan ayam untuk kedua tujuan ganda.

Ayam - Ayam tubuh relatif lebih kecil. Produksi telur antara 250-280 telur per tahun. Telur pertama yang dihasilkan pada usia 5 bulan dan akan terus menghasilkan telur sampai usia mencapai 10 - 12 tahun. Umumnya, produksi telur yang terbaik akan diperoleh pada tahun pertama ayam mulai bertelur. Produksi telur pada tahun-tahun berikutnya akan cenderung terus menurun.

Ada dua pilihan untuk ayam petelur dibedakan dari warna telur, yaitu:

* Telur putih
Ayam dengan telur putih adalah ras yang terbaik dari jenis Leghorn. Itu seperti ayam terbang dan sangat berisik. Jenis ras lainnya yang menghasilkan telur putih yang Minorcas. Anconas, dan California White.
Red Leghorn Pearl White Leghorn
Red Leghorn Pearl White Leghorn
* Brown telur
Sementara peterlur ayam dengan telur cokelat adalah yang terbaik Produksi Merah jenis ras. Ayam hibrida adalah hasil perkawinan silang dari ayam petelur Rhode Island Red dan New Hampshire. Sementara ayam Rhode Island Red dan New Hampshire sendiri dianggap sebagai ayam petelur yang baik dalam menghasilkan telur cokelat.

Barred Rock Australorp Black Red Gold Star Produksi
Barred Rock Australorp Black Red Gold Star Produksi
Black Sex Link White Rock Buff Orpington Silver laced Wyandotte
Black Sex Link White Rock Buff Orpington Silver laced Wyandotte

Pedaging - Ayam silang Cornish Rock adalah ayam pedaging digolongkan terbaik waktu ini. Ayam ini adalah hasil silang dari Cornish dan Plymouth Rock. Pedaging lainnya diklasifikasikan sebagai kedua jenis ras Brahma, Cochins, dan Cornish. Ayam ras pedaging yang baik adalah ayam yang makan dua pon pakan untuk menghasilkan satu kilogram berat badan. Ayam umumnya djual ke pasar pada saat beratnya mencapai antara satu-tiga-empat pound untuk dua setengah kilogram, sedangkan ayam jantan antara tiga pon sampai empat kilogram. Ayam adalah lebih cepat pertumbuhan ekonomi yang lebih unuk dipelihara.
Merah Hitam broiler broiler
Red Broiler Black Broiler

Double ayam - Ayam pada jenis ini campuran ayam petelur dan ayam pedaging. Dominiques, Plymouth Rocks, Sussex, Orpington, dan Wynadottes adalah beberapa ayam dari ayam ras fungsi ganda. Ayam kampung di negara kita termasuk pada jenis jenis ini berwarna coklat ini.Telur ayam dan membesarkan anak-anak mereka sendiri. Pada umumnya mereka tidak menghasilkan berat badan ayam ras pedaging dengan cepat dan tidak menghasilkan sebanyak ayam bertelur. Ini ayam khas sebagai ayam yang disimpan di halaman belakang. Petani akan memperoleh telur untuk konsumsi daging sehari-hari di samping kadang-kadang mendapatkan ayam jantan dari kelebihan jumlah yang diperlukan dan daging ayam tua yang sudah tidak produktif lagi.

Pertimbangan lainnya dalam memilih varietas ayam adalah kondisi cuaca lokal di tanah pertanian berada.

Ayam berbulu tebal akan lebih cocok tempat terus cuaca dingin daripada ayam berbulu tipis. Orpingtons, Brahma, Cochins. Plymouth Rocks, Rhode Island Reds dan ayam berbulu Wyandottes adalah pertandingan bermakna dalam cuaca dingin. Leghorn, Minorca, Andalusia, Mediterania Hamburgs ayam dan lain-lain akan lebih baik disimpan di tempat-tempat di mana cuaca hangat.

Untuk lebih jelasnya dalam menentukan varietas yang cocok dengan cuaca lokal di tempat Anda, harus dikonsultasikan pada Dinas Peternakan Ayam lokal atau perusahaan unggas terdekat.

Lebih lanjut, harus terbiasa untuk membeli anak ayam yang berkualitas sesuai kebutuhan. Jika anak ayam dibeli dari perusahaan unggas, semuanya telah divaksinasi terhadap penyakit Marek. Vaksinasi ini harus dilakukan segera setelah anak-anak ayam yang diringankan sepanjang hidupnya dicegah dari penyakit Marek yang sangat mematikan. Untuk broiler atau ayam pedaging, sehingga lebih murah, pilih cewek yang tidak dipilih seks (lurus-lari).

Harus diingat bahwa pada waktu memilih varietas ayam cocok jika ada tidak selalu langsung dibeli. Katakanlah Anda sedang dalam tahap melakukan survei, bukan dibeli. Pembelian ayam harus dilakukan jika semua persiapan untuk kedatangan anak ayam telah dilakukan, karena jika tidak siap maka risiko kematian anak ayam yang baru akan dibeli sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar